Adakah Rahasia Dibalik Kepanitiaan?

Adakah rahasia dibalik kepanitiaan? Jawabannya adalah TIDAK. Simpel kan jawabannya. Tidak, tidak sama sekali. Kenapa bisa tidak? Banyak alasan yang dapat menjawab tentang itu. Sebelumnya anda harus memahami kembali apa itu arti panitia dan kepanitiaan. Panitia adalah sebutan bagi orang-orang yang berkontribusi untuk menyelesaikan sebuah masalah, sering disebut sebuah acara. Sedangkan kepanitiaan adalah panitia yang bergerak. Kalo di ibaratkan sebuah kalimat dalam Bahasa Indonesia, kalimat tersebut adalah kalimat aktif.

Rahasia. Pasti kita sering mendengar “Ini hanya untuk sie kami saja, biar kami yang menyelesaikan” atau “ini khusus intern kami saja”. Kalo anda jarang mendengar hal tersebut, artinya kepanitiiaan anda baik-baik saja. Tapi kal sering mendengar kalimat diatas, kpanitiian anda dipertanyakan. Kenapa? Panitia adalah sebuah tim, bukan kelompok. Panitia itu sama-sama kerja bukan bekerja bersama-sama. Bedanya tim sama kelompok. Tim punya tujuan tertentu, sedang kelompok hanya sebuah perkumpulan. Bedanya sama-sama kerja dengan bekerja bersama-sama. Sama-sama kerja itu satu sama lain bekerja dengan tugas masing-masing untuk mencapai tujuan, sedangkan bekerja bersama-sama itu melakukan sesuatu dengan tugas yang sama. Masih belum jelas? Coba baca lagi dari awal. Baca sampai paham!

Jika salah satu sie ada yang merahasiakan sebuah permasalahan atau sebuah kemungkinan-kemungkinan yang terjadi saat hari H acaranya, dimungkinkan acara itu akan ambur adul. Apalagi jika saat itu benar-benar terjadi permasaahan atau kemoloran waktu. Hasilnya dipastikan akan tak sesuai dengan keinginan. Padahal ada sie yang punya solusi ketika masalah itu terjadi. Tapi jika tak di floor kan, akan sia-sia. Tak maksimal dan plan tersebut tak akan bisa dijalankan.

Itu lah salah satu akibat ada kerahasiaan. Hal lain lagi, jika ada kerahasiaan, tak cocok lah disebut kepanitiaan. Bukan kepanitiaan sebagai tim, tapi kepanitiaan sekedar kelompok. Kalo hasilnya kayak gitu, BUBAR saja panitianya. BATALkan saja acaranya.

, , ,

  1. #1 by hadiahdi on 14/08/2012 - 17:27

    jadi ingat tragedi “rabu malam” ^_^
    “panitia itu bekerja sama, bukan bekerja bersama2”, kata mbak vera😆

    • #2 by aditiazaman on 15/08/2012 - 11:06

      beda kata je..kan pake kata sama-sama..jadi sama-sama kerja dengan bekerja bersama-sama..;)

      • #3 by hadiahdi on 15/08/2012 - 21:21

        sama-sama ada sama-samanya ah dit. wekeke

      • #4 by aditiazaman on 16/08/2012 - 09:44

        waah…beda wae lah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: