Simphonie – Symphonie – Symphony, yang bener mana?

Antara simphonie dengan symphonie dan dengan  symphony. Arti kata yang membuat saya bingung antara yang salah mana, yang benar mana, artinya apa, asalnya dari mana, ibunya siapa, bapaknya siapa, terbuat dari apa, makannya apa, jenis makhluk hidup apa, eh sebelum itu makhluk hidup apa bukan, baru jenis makhluk hidup apa. Kalo dilanjutin nyampe 1 km pertanyaan yang berderet – deret tanpa putus ditabrak capung.

Bayangan saya saat mendengar kata simfoni (dari pada bingung milih diatas) yang tergambar adalah yang berhubungan dengan musik, alat musik, suara musik. Nah tinggal pilih mana itu yang agak mendekati. Pokoknya yang berhubungan dengan suara dan benda. Tapi, kebetulan saya buka-buka milik orang lain (eiits : blog, bukan yang lain) ternyata banyak kata – kata yang berhubungan dengan judul. Ada yang nulis Simphonie bla..bla..bla. Yang nulis bla..bla..bla.. Symphonie juga ada. Dan banyak juga yang nulis bla..bla..bla..Symphony bla..bla..bla.. . Dari yang buat judul tulisan, tema tulisan, selipan kata dalam isi tulisannya, kategori tulisan, tag tulisan, bahkan ada juga yang menganggap kata tersebut kayak anak sendiri sampe sering diketik lah ditulis lah dan diucapkan lah. Udah satu kata dengan satu penulisan aja belum tau artinya, apalagi dengan tiga bentuk tulisan, tiga bentuk kata, kalo pengucapan mah tergantung lidah masing-masing. Apa lagi lidah saya sama lidah anda panjangan lidah sapi. Dari pada bingung langsung cari tau satu per-satu kata tersebut. Tolong dibantu ya, bim sala bim jadi apa ..prk..prok..prok.. Andalannya masih sang simbahnya internet (kok bisa dikatakan simbah darimana gitu). Buka Google kemudian pada pencarian diketik dengan kata kunci “google” setelah itu hasilnya diklik yang paling atas. Baik, kita mulai buat nyari. Nyari yang ada-ada aja, dari pada nyari yang gak ada. Simphonie. Simphonie adalah #tereeet … Halah..koneksi lemooot. #tereeet (lagi)

Mungkin maksud anda adalah ….

Sekarang giliran Symphonie. Dug dug..dug dug.. Hasilnya adalah ….

Hasilnya menakjubkan sekali. Peringkat pertama adalah nama sebuah perusahaan bus dan kebanyakan dibawah-bawahnya dengan nama yang sama, isi iklan yang sama, dan tujuan tulisan yang sama yaitu iklan. Jadi untuk kedua ini belum jelas ya arti kata sebenernya. Sepakat ya kalo dibilang fail?!

Yang terakhir dengan bangga kita hadirkan S s s y y m p h o o o o o .. Kelamaan lah, langsung saja kata selanjutnya kita tampilkan S s s s .. Ssst! kucing saya lagi tidur. Dengan bangga karena kucing saya terbangun dengan gak kaget sama sekali, maka melanjutkan kata yang terakhir Symphony (Meoow).

Ya hasilnya gak mengecewakan seperti sebelumnya. Ada yang nama band, ada nama acara, ada yang nama judul lagu, dan nama-nama lainnya yang mungkin mereka belum tau arti kata namun tetep saja maksa buat dipasang embel – embel biar gaul. Dan dihalaman pertama saya belum menemukan yang berpendapat arti kata tersebut.

Telusur lebih dalam akhirnya saya dapet yang berpendapat arti kata tersebut. Dari artikata menyebutkan bahwa symphony itu “a long and complex sonata for symphony orchestra” yang kalo di terjemahkan menjadi “Panjang dan rumit sonata untuk symphony orchestra” atau “A consonance or harmony of sounds, agreeable to the ear, whether the sounds are vocal or instrumental, or both” dengan terjemahan “Sebuah harmoni atau harmoni dari suara, menyenangkan untuk telinga, apakah suara yang vokal atau instrumental, atau kedua.” Itu samalah satu arti kata symphony yang sebenarnya. Adalagi dari ini CeLoTeh mungkin salah satu pendapat yang membahas tentang arti symphony  dalam sebuah tulisan.  Symphony yang dikaitkan dalam sebuah tulisan dalam tata bahasa Indonesia dapat di sebut dengan prosa. Penulisan sebuah karya dalam kategori symphony selalu menggunakan kata yang diperlembut, diperhalus, seakan menjadi indah untuk di baca dan dirasakan.

Nah, kira-kira udah ada bayangan belum tentang maksud ketiga kata yang telah kita bahas dengan kebingungan dan rasa penasaran yang sangat dalam sedalam biopori yang mungkin menjadi solusi untuk penanggulangan banjir di kota besar. Apa ada yang gak trima dengan pembahasan tadi.? Sebagai pengetahuan buat anda yang sering menggunakan kata Simphonie/Symphonie /Symphony, jadi dipahami lagi dah.

Sumber ref : artikata, CeLoTeh

, ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: