Peranan ICT dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Memasuki era yang serba canggih pada abad ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat. pengetahuan-pengetahuan yang dulunya sedikit yang beredar di masyarakat, sekarang sudah banyak yang beredar. Baik itu pengetahuan yang bersifat umum untuk seluruh masyarakat sampai pengetahuan yang bersifat khusus bagi kalangan tertentu, misalnya pelajar. Beredarnya ilmu pengetahuan ini tak lepas dari usaha yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok untuk menyebarluaskan ilmunya kepada masyarakat secara umum. Diharapkan dengan ilmu pengetahuan yang ada masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat luas.

Berkembangnya ilmu pengetahuan didukung dari aspek-aspek yang mempermudah perkembangan ilmu tersebut. Salah satu aspek yang mendukung yaitu penggunaan ICT atau teknologi informasi dan komunikasi yang sekarang perkembangannya sudah sangat pesat. ICT meupakan sebutan untuk teknologi, misalnya komputer. ICT ini menekankan pada penggunaan perangkat teknologi elektronika pada aspek ketercapaian tujuan dalam proses komunikasi. Sehingga data dan informasi yang diolah dengan teknologi informasi harus memenuhi kriteria yang efektif. Peran ICT juga untuk mempercepat distribusi ilmu pengetahuan yang ada. Dengan teknologi yang sudah semakin maju, ilmu pengetuan bisa didapat dalam waktu yang singkat. Internet salah satu bagian dari ICT yang sudah banyak digunakan untuk mengakses dan mendownload materi tentang ilmu pengetahuan yang dibentuk dalam sebuah file.

Pesatnya penggunaan ICT untuk mempermudah mendapatkan ilmu pengetahuan harus dibarengi juga dengan kemampuan masyarakat untuk memanfaatkan dan menngunakan ICT. Perlu pengajaran dan pelatihan khusus bagi masyarakat yang belum dapat memanfatkan teknologi agar dapat memanfaatkan teknologi secara maksimal. Juga agar tidak menyalahgunakan perkembangan dari teknologi yang ada.

 

Perkembangan ICT sangatlah pesat sampai sekarang ini. Menurut Martin ada keterkaitan erat antara Teknologi Informasi dan Komunikasi. Teknologi informasi lebih pada sistem pengolahan informasi sedangkan teknologi komunikasi berfungsi untuk pengiriman informasi. Sehingga dapat memudahkan seluruh masyarakat untuk mencari dan mendapatkan ilmu pengetahuan secara praktis. Untuk mendapat kemudahan tersebut, masyarakat harus mampu memanfaatkan teknologi yang ada. Namun pada kenyataannya, masyarakat di Indonesia pada khususnya belum seluruhnya dapat memanfaatkan teknologi secara baik. Hanya kalangan-kalangan tertentu saja yang dapat menikmati kemajuan teknologi. Pokok masalah dari itu semua yaitu kurangnya pendidikan bagi sebagian masyarakat. Ditambah lagi dengan kemiskinan yang sekarang sudah semakin banyak. Pengangguran pun juga menambah angka kemiskinan di Indonesia. Disebabkan oleh kemiskinan tersebut masyarakat kita tidak bisa mendapatkan pendidikan yang seharusnya mereka dapatkan. Sebagian masyarakat juga belum begitu sadar akan pentingnya ICT. Padahal dengan ICT mereka bisa mengetahui berbagai informasi dan ilmu yang beredar.

Masalah-masalah yang telah disebutkan haruslah segera dielesaikan.Harus ada upaya-upaya untuk membuat masyarakat sadar akan pentingnya ICT. Misalnya dengan mengadakan semacam sosialisasi tentang pentingnya ICT bagi kehidupan. Peran serta masyarakat yang paham tentang ICT sangatlah penting untuk mengadakan acara semacam itu. Dikalangan pelajar juga harus disosialisasikan tentang pentingnya ICT bagi mereka. Karena dengan ICT itu mereka dapat secara bebas mencari materi-materi pelajaran yang mereka butuhkan. Hal lain yang harus diupayakan agar masyarakat sadar akan ICT yaitu dengan pendidikan. Didalam pendidikan selain mereka diajarkan materi-materi umum, juga akan diajarkan tentang teknologi. Tujuannya agar mereka bisa dan terbiasa menggunakan teknologi tersebut.

Jika upaya-upaya tersebut bisa dilakukan oleh seluruh masyarakat, mungkin saja masyarakat Indonesia akan semakin maju. Karena mereka dapat mendapatkan ilmu-ilmu pengetahuan secara mudah dengan menggunakan teknologi. Dengan ilmu-ilmu tersebut juga akan meningkatkan SDM di Indonesia semakin baik.



Kesimpulan

ICT adalah hal penting dalam kehidupan yang telah modern ini. Kehidupan yang telah modern menuntut masyarakat untuk serba cepat dalam melakukan pekerjaannya. Oleh karena itu seluruh masyarakat harus menguasai teknologi yang berkembang pada saat ini. Meskipun tidak semua masyarakat Indonesia tidak dapat menggunakan teknologi, namun jika upaya-upaya tersebut dilakukan mungkin saja hasilnya akan baik. Masyarakat akan dapat memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan ilmu-ilmu pengetahuan. Dan dengan ilmu-ilmu pengetahuan yang didapat akan membuat SDM di Indonesia semakin baik.

About these ads

, , , ,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: